Minggu, 30 Juni 2013

Berbincang tentang [ MV ] AKB48 - Gingham Check


MV "Gingham Check" adalah MV salah satu girl band asal Jepang, AKB48. Girl band yang disebut-sebut sebagai grup yang bernyanyi dengan gaya ‘keroyokan’. Awalnya AKB48 hanya berjumlah 24 dari hasil audisi pencarian bakat di Jepang pada Juli 2005 yang berkonsep pertunjukan teater (sumber). Jumlah total grup ini tidak biasa dibanding jumlah girl band umumnya yang lebih mirip grup paduan suara. Bahkan jumlahnya terus berkembang hingga dibagi menjadi beberapa sub-unit yaitu Tim A, Tim B, TimK, dan Tim 4. Jumlah mereka sempat memecahkan rekor dunia Guinness World Record pada tahun 2010 sebagai "Grup Pop Terbesar di Dunia". Dengan keadaan mereka yang seperti itu tentunya dibutuhkan ukuran panggung yang lebih luas. 
Gambar AKB48 via last.fm
>> Just Click <<
Nama AKB merupakan singkatan dari nama kota tempat AKB48 dibentuk yaitu Akihabara atau Akiba. Kesuksesannya membawa pengembangan konsep ke kota lain di Jepang dengan dibentuknya SKE48 (berbasis di teaternya di Sakae, Nagoya), SDN48 (dibentuk untuk memberikan sosok idola yang lebih dewasa), NMB48 (Namba, Osaka), HKT48 (Hakata, Fukuoka). Bias AKB48 tidak hanya di Jepang, mereka juga melahirkan beberapa grup di negara Asia lainnya yang sering disebut sebagai ‘sister’ AKB48. Sebut saja JKT48 (Jakarta, Indonesia), TPE48 (Taipei, Taiwan), SNH48 (Shanghai, Cina).

"Gingham Check" adalah single ke-27 AKB48. Single ini dirilis King Records pada 29 Agustus 2012. MV ini sangat unik, konsepnya beragam dari kisah polisi ‘gaul’ wanita, geng motor & mobil wanita, geng perampok wanita, hingga kisah horor khas film horor Jepang. Namun yang paling mendominasi adalah munculnya adegan monster yang menghacurkan kota persis layaknya serial anak Ultraman. Efek grafiknya lebih mendekati setting pertempuran. Efek hujan peluru, kaca pecah, gedung runtuh, hingga perlawanan tank dan helicopter dalam menumbangkan monster. Jika barumenikati MV ini, mungkin akan bingung dengan arah ceritanya, karena terselip berbagai kisah. Namun pada intinya, mengisahkan cinta yang bertumbuh di tengah berbagai situasi kacau tersebut. Koreo AKB48 juga begitu bersemangat dengan konsep busana yang beragam dan beberapa diantaranya masih mencirikan style Jepang.

>> Just Click <<

AKB48 telah berhasil menjadi girl band terpopuler disana. Namun grup yang diproduseri Yasushi Akimoto sepertinya lebih menjaga brand atau nama grup dibanding menonjolkan pesona masing-masing anggota. Karena dalam sistem manajemennya, dikenal terdapat sistem regenerasi. Hingga blog ini ditulis, sudah muncul AKB48 generasi kedua. Hingga saat ini mereka menghasilkan 31 single. Single lain yang sering terdengar di tv nasional adalah "Heavy Rotation", yang dinyanyikan ulang oleh JKT48 dan menjadi OST di iklan minuman ion Pocari Sweet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar