Minggu, 07 Juli 2013

Berbincang tentang [ MV ] EXO - MAMA

EXO, bukanlah nama boyband Indonesia yang itutu...tetapi mereka adalah boyband besutan Korea Selatan (K-Pop). Lagi dan lagi mv-talks akan membahas seputar MV K-Pop karena tidak bisa dipungkiri jika MV keluaran negara beribukota Seoul selalu mempopulerkan kualitas HD dengan konsep-konsep yang tidak kalah dengan MV negara-negara barat. Ups, sekali lagi kita akan berbincang seputar MV bukan kualitas bermusik ya, mengingat terdapat orang yang lebih kompeten yang berhak memberikan penilaian tersebut.
Gambar EXO :: sumber

EXO adalah anak asuh yang 'ditetaskan' oleh SM Entertaiment. Nama EXO sendiri diambil dari istilah planet di luar tata surya yaitu EXOPlanet. EXO yang beranggotakan 12 orang dibagi menjadi 2 sub unit, EXO-K untuk pangsa pasar Korea (Bahasa Korea) dan EXO-M untuk pangsa pasar China (Bahasa Mandarin). Mereka menjadi grup SM Ent yang beranggotakan 'berlebih' selain Girl's Generation (SNSD) dan Super Junior (Suju). Untuk lebih lengkap seputar mereka, bisa klik disini.

MAMA adalah judul MV yang muncul pada masa-masa awal debut mereka bersama MV 'History'. MV MAMA dirilis April 2012. Mendengar judul MAMA tentu memunculkan tanda tanya disamping kening kamu kan? Apa MV ini dipersembahkan untuk ibu-ibu di seluruh dunia? Atau ini adalah lagu cengeng anak-anak? Belum lagi jika kalian sudah menyaksikan MV-nya yang selalu menyebut kata-kata 'Mama,...Mama'.

Ternyata, MAMA yang dimaksud adalah bumi (mungkin lebih mirip kesebutan Ibu Pertiwi). Dalam hal ini, mereka memberikan gambaran akan berbagai perubahan hingga penyimpangan yang tengah terjadi di dunia termasuk sikap orang-orang yang hidup di dalamnya dan mempertanyakan mengapa dunia (MAMA) memberikan izin itu terjadi. Dalam liriknya juga disampaikan kendati begitu, mereka bersyukur telah diberikan kesempatan untuk menikmati kehidupan di dunia.

MV MAMA versi EXO-K

Hadir lengkap berdua belas, di dalam MV diperlihatkan masing-masing personil mewakili satu elemen disertai simbol-simbolnya. Di awal scene lebih menekankan konsep ritual. Efek yang menawan dari permainan grafik MV ini tidak bisa ditepis lagi. Seperti disuguhi tontonan trailer film super hero Holiwood yang lengkap dengan ledakan dan efek 3D yang memukau. Efek yang paling mencuri perhatian adalah efek berpindah tempat secara tiba-tiba dan cepat, dari satu tempat dan 'flash', hanya asap yang bersisa. Efek ini mengingatkan pada film Jumper dan Woochi. Atau pada efek permainan air dan api yang begitu nyata yang mirip konsep serial animasi Avatar (The Legend of Aang). Masalah style berbusana sudah tidak perlu ditanya, SM Ent selalu update seputar fashion dan sering menjadi trendsetter. Pada saat artikel ini dirilis, EXO telah meluncurkan MV terbaru berjudul "Wolf",  liriknya berisi 'Auuu... Auuu...' gitu, layaknya serigala (link MV Wolf).
MV MAMA versi EXO-M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar